Quote:

Apa yang sudah ada di tangan, jangan sampai dilepas. Tekuni saja, pasti berhasil. - Gudeg Yu Djum -

Jumat, 22 Juli 2011

[Profil] NH. Dini Oleh: Nona Endeh Kursiyah

        Ya, berikut ini saya persembahkan menu yang sebenarnya saya bingung mau menyajikan apa. Tapi berhubung saya teringat bahwa mayoritas warga Bunga di kampung ni cewek. Maka saya mau menampilkan cerpenis cewek juga. Let's cekidot menu kita hari ini!

NH. Dini, Cerpenis Indonesia

         NH. Dini, nama lengkapnya Nurhajati Srihardini. Lahir di Semarang tanggal 29 Pebruari 1936. Dia mulai menulis cerpen-cerpen yang dimuat dalam majalah Kisah dan lain-lain. Pada cerpen-cerpen itu tidak ada lagi protes-protes yang berkisar pada soal-soal kewanitaan yang dunianya terjepit di tengah dunia laki-laki. Tokoh wanita Dini ialah mnusia-manusia yang kalaupun berontak karena hendak memperjuangkan harga dirinya sebagai manusia. Dalam cerpen "Dua Dunia" dikisahkan  Dini tentang Iswanti seorang janda muda yang sakit tipus yang diceraikan suaminya karena main gila dengan ibu tirinya sendiri. Cerpen itu kemudian bersama dengan beberapa buah cerpen yang lain dibukukan dengan judul Dua Dunia juga (1956).
        
        Setelah terbit dengan kumpulan cerpen itu, Dini kembali menerbitkan sebuah roman pendek berjudul Hati Yang Damai (1961). Dini kemudian menikah dengan seorang diplomat Perancis. Beliau juga pernah lama tinggal di Jepang dia. Juga pernah sebuah roman yang fragmennya pernah diumumk. Roman itu berjudul Namaku Hiroko. Setelah di Perancis pun beliau terus menulis pada majalah-majalah Sastra dan Horison, di antaranya roman berjudul Pada Sebuah Kapal dan juga roman yang lain La Barka.
          
          Begitulah teman2s pada kali ini menu yang sajikan. Semoga dengan adanya menu yang ala kadarnya ini dapat memotivasi kita untuk tetap menulis.Kali saja ada Bunga yang mau menambahkan menu yang lain sangat diharapkan. Keep Spirit, guys!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar