Quote:

Apa yang sudah ada di tangan, jangan sampai dilepas. Tekuni saja, pasti berhasil. - Gudeg Yu Djum -

Senin, 27 Juni 2011

Ada Segumpal Kebutuhan (Oleh Nona Sari Sas Anggriani)

Sesuai dengan tulisan yang tertampang manis dipojok kanan kedai ini, maka tema kita kali ini adalah "Ada Segumpal Kebutuhan". Seperti kedai-kedai kebanyakan. Mereka semua menyediakan barang-barang dalam kebutuhan hidup sehari-hari bukan? Maka dengan itu, diumumkan bahwa sekarang telah dibuka kedai yang menyediakan kebutuhan sehari-hari kamu dalam nafas jurnalistik. Yang semuanya bersifat abstrak namun ‘ada’ dan ‘penting’.
Yang segumpal itu adalah…
  1. Impian
Mari kita berkaca pada penulis-penulis terkenal yang sukses berkat tulisan mereka. Pertama, mereka semua merupakan orang-orang yang mempunyai impian yang jelas dan benar-benar percaya bahwa impian mereka itu pada akhirnya akan menjadi kenyataan. Ini penting untuk kita penulis pemula, dimana impian kita untuk menjadi seorang penulis itu masih meraba-raba, sedangkan dasar untuk menjadi sukses adalah kejelasan impian dan kesungguhan hati.

  1. Tujuan
Tujuan merupakan kebulatan dari suatu impian. Dimana setelah kita menentukan impian dengan sendirinya tujuan akan terbentuk. Impian yang besar merupakan penentu akan tujuan yang jelas.
  1. Rencana
Setelah menentuan tujuan, kita memerlukan rencana sebagai titik tolak ukur yang harus kita lakukan. Mari kita fikirkan bersama, apa rencana yang harus kita persiapkan untuk bisa menjadi penulis yang sukses. (Perincian rencana bisa dibagikan dikolom komentar)
  1. Tindakan
Tanpa tindakan, semua point diatas adalah sia-sia. Percuma saja punya impian yang besar, tujuan yang jelas, ataupun rencana yang terperinci jika tidak diiringi dengan tindakan. Ketika dunia jurnalistik menjadi impian terbesarmu, lakukan sesuatu untuk dapat menyentuh dan menyibak tirai kegelapannya.
  1. Keyakinan
Yakin! Suatu saat nanti semua pengorbanan dan peraihan yang telah kita coba guna mewujudkan impian tersebut tidak akan sia-sia. yakin! Kita dapat melakukannya. Keyakinan adalah kekuatan dari ketetapan hati dan pertahanan. Jangan biarkan keraguan dan ketidaktahuan menghalangi keberanian kita untuk teguh dan percaya bahwa dalam jangka waktu yang telah kita tentukan kita adalah penulis hebat yang sukses.

pindahkan keyakinan anda dalam tindakan dan impian anda dalam kenyataan” Mr. Chan Zhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar