Quote:

Apa yang sudah ada di tangan, jangan sampai dilepas. Tekuni saja, pasti berhasil. - Gudeg Yu Djum -

Minggu, 05 Juni 2011

KEDAIKU, KEDAIMU DAN KEDAI KITA SEMUA (By: Taufik Qurrohman Hariri)

YUK NULIS SEKARANG JUGA

Menulis. Kata itu saya yakin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Bahkan sampai sekrang banyak yang hobynya suka menulis dan hari gini sudah banyak yang jadi penulis.Betul Tidak...!?!?!?
Tapi di sisi lain,banyak hal yang menjadi hambatan dan rintangan untuk melakukan kegiatan yang satu ini. Alhamdulillah pada pembukaan kedai ini saya ingin berbagi tips juga motivasi menulis khususnya bagi para pemula yang masih banyak menemukan halangan juga rintangan dalam menulis. Seperti saya, jujur saja, kegiatan menulis ini belum lama saya geluti, namun tidak sedikit halanagn dan rintangan yang saya hadapi. tips dan motivasi ini saya dapatkan dari guru maya saya...
kita mulai saja menunya yach biar ga kelamaan...

SEKARANG
Kata ini selalu menjadi motivasi buat saya untuk tidak mengulur-ulur waktu menulis. Manulis itu bukan untuk dinanti-nanti "ah, nanti saja kalalu sudah terbayang cerita akhirnya baru menulis", atau "ah, nanti saja kalau sudah mood. dll
Pernyataan di atas itu SALAH. Menulis itu sebenarnya tak perlu dipikirkan terlebih dahulu, tapi kita tulis terlebih dahulu, maka tulisan itu akan berkembang dengan sendirinya sesuai dengan imajinasi kita.
Sebetulnya untuk menjadi penulis itu bukanlah bagaimana rencana matang yang kita buat untuk memulai menulis namun kapan kita mulai untukmenulis? Kalau mulai dari sekarang, mungkin waktu kita untuk menjadi penulis semakin dekat.

GAK USAH MIKIR
Selanjutnya, untukmenulis pun tidak perlu berpiki, maksud berpikir disini, kita jangan memikirkan (otak kiri) apa yang akan terjadi pada endingatau rangkaian ceritayang akan kita buat. Jadi, biarkan cerita itu mengalir sesuai dengan imajinasi kita masing-masing (otak kanan). Setiaporang memiliki daya imajinasi yang berbeda.

MENJADIKAN KARYA ORANG SEBAGAI MOTIVATOR
Bagi sebagian penulis pemula, tidak jarang merasa minder bila melihat karya orang lain yang lebih bagus darinya, tak jarang mereka termasukaku mengucap 'ko tulisan Pak Pung bagus ya, kok saya jelek...'
sebenarnya perasaan jelek itu hanya sugesti buruk saja, yang seharusnya terucap itu 'wah, tulisan Pak Pung bagus! Suatu saat saya pasti bisa buat tulisan sebagus itu bahkan bisa lebih bagus.'
Nah,tiu baru betul...
jadikan diri kita sendiri sebagai Motivasi bagi kita, bukan Pematah semangat kita...

Monggo yang mau mengoreksi atau menambahkan menu diatas dipersilahken...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar